Tips dalam Membuat Pancake

  • Bagi makanan yang membutuhkan sedikit bahan seperti ini, biasanya kualitas dari bahan pembuatnya amatlah penting, bahkan baking soda yang jumlahnya tidak banyak karena ini adalah penentu kelembutan pancake. Oleh karena itu, pastikanlah baking soda yang dipergunakan adalah yang berusia tidak lebih dari 6 bulan. Jika bakin soda sudah terlalu lama, maka hasilnya tidak akan maksimal dan tidak dapat meningkatkan volume dari pancake ketika mulai dimasak di atas pinggan panas. 

  • Untuk penggunaan bahan basahnya, banyak orang yang memilih buttermilk. Namun demikian, bahan yang satu ini akan bereaksi ketika bercampur dengan baking soda, sehingga pancake akan lebih mengembang dan rasanya lebih lezat. Buttermilk memiliki rasa sedikit masam yang tidak dimiliki oleh susu biasa. Jika menginingkan rasa yang sama, maka sebaiknya pergunakan campuran sari hasil perasan lemon dan masukkan ke dalam susu. Lemon akan memberikan rasa masam yang dibutuhkan sehingga memiliki efek yang mirip dengan buttermilk.

  • Banyak orang yang mengaduk adonan pancake hingga semuanya terlihat halus dan tidak ada gumpalan tepung terigu. Namun ternyata dalam pembuatan pancake, gumpalan itu justru baik. Sehingga kita hanya perlu mencampur hingga tepung tercampur namun jika ada gumpalan maka cukup dibiarkan saja. Jika kita terlalu lama mengaduk campuran tersebut, maka gluten akan mengembang dan pancake tidak akan terasa lembut, melainkan sedikit alot

  • Banyak orang yang ingin praktis dan tidak ingin bangun terlalu pagi sehingga mempersiapkan adonan di malam sebelumnya. Ini ternyata merupakan salah satu kesalahan yang fatal. Jika adonan dibuat pada malam sebelumnya atau satu jam saja sebelum pancake diproses, maka bahan seperti baking soda dan berbagai bahan lainnya akan kehilangan efektifitasnya. Ketika bahan kering mulai bercampur dengan bahan basah, maka semua proses kimiawi di dalam bahan sudah dimulai. Oleh karenanya, hasil tidak akan seperti yang diharapkan. Semakin lama dibiarkan, adonan akan semakin berkurang kualitasnya.

  • Kita terbiasa menggoreng dengan menggunakan penggorengan dan terkadang merasa bahwa penggorengan bisa dipergunakan juga untuk membuat pancake. Ini juga merupakan kesaahan karena pancake akan matang dengan tidak merata dan hasilnyapun tidak akan menjadi rata seperti seharusnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »