Resep Martabak Manis Bangka Spesial

Bahan-bahan:
  1. Telur cukup dengan 2 butir, kocok lepas
  2. Margarin secukupnya, cairkan
  3. Ragi instan sekiranya 1/2 sendok teh
  4. Gula pasir sekitar 125 gram
  5. Air matang dan bersih sebanyak 600 ml
  6. Baking powder sekiranya 1 sendok teh
  7. Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh
  8. Pasta vanili sekitar 1/4 sendok teh
  9. Tepung terigu segitiga biru cukup sebanyak 500 gram
Bahan untuk isian:
  • Susu kental manis secukupnya.
  • Keju cheddar seperlunya saja.
Cara membuat martabak manis bangka dengan mudah:
  1. Pertama kalinya siapkan sebuah wadah untuk mencampur adonan. Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula pasir halus, margarin cair, ragi instan, pasta vanili, serta garam secara merata. Agar bahan-bahan tersebut bisa tercampur merata, aduklah hingga kurang lebih 10 menitan. Lalu setelah itu campurkan air sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk-aduk agar merata.
  2. Selanjutnya ambil alat mixer atau pengkocok. Kemudian kocok adonan tersebut dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga tercampur secara merata dan mengembang sempurna.
  3. Apabila adonan tersebut sudah mengembang dan tercampur secara merata, tambahkan baking powder kedalamnya. Aduk-aduk lagi agar baking powder tersebut tercampur rata.
  4. Kita masuk ke proses pemasakan. Disini siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan yang sudah diolesi dengan margarin sebelumnya. lalu tuangkan adonan tersebut kedalam wajan dan pastikan adonan tersebut memiliki ketebalan yang rata. Amati bagian permukaan adonan tersebut, apabila sudah mengelembung tutuplah wajan dan masak hingga matang.
  5. Apabila sudah matang, maka ambil adonan tersebut dan olesi dengan margarin. Setelah itu parut keju secukupnya diatas adonan tersebut, serta jangan lupa susul dengan menyiram susu kental manis diatasnya.
  6. Belah adonan tersebut menjadi dua bagian dengan bentuk setengah lingkaran. Kini kue martabak manis siap disantap.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »